Fandi Net

blog Fandinet menyajikan trik dan tips seputar blogger, youtube, belajar jadi seorang blogger serta youtuber dan ada ino menarik yang unik di sekitar kita.

Tips Punya Banyak Bisnis Meskipun Masih Jadi Karyawan

  • Script Iklan di sini

    Tips Punya Banyak Bisnis Meskipun Masih Jadi Karyawan - Memiliki usaha sendiri memang idealnya harus fokus dan membutuhkan banyak pikiran yang perlu diterapkan dalam menjalankan usaha tersebut. Namun apabila kita saat ini masih menjadi seorang karyawan atau pegawai, bukan berarti kita tidak bisa fokus atau tidak bisa memiliki usaha sendiri. Dalam hal ini meskipun status kita seorang karyawan, ternyata jika ada keinginan dan usaha, kita juga bisa memiliki usaha mandiri.

    Faktanya diluar sana banyak sekali karyawan yang ternyata juga sukses dalam menjalankan usaha mandiri. Mereka sukses dengan usahanya ketika posisinya masih masih menjadi karyawan. Bahkan dari hasil usaha mandiri, tidak menutup kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih besar dari posisinya yang menjadi karyawan. Dalam hal ini yang berperan penting adalah bagaimana memposisikan diri dan membagi waktu antara statusnya sebagai usahawan madiri dan seorang karyawan kantoran.

    Keuntungan memiliki usaha mandiri

    Ternyata banyak manfaat ketika kita memiliki usaha mandiri ketika posisi kita masih karyawan kantoran, diantaranya adalah:

    1. Sebagai penghasilan tambahan selain penghasilan dari kantor.

    Tidak dipungkiri lagi, banyak perusahaan yang menggaji karyawannya di bawah UMR, hal tersebut secara finansial akan membuat keuangan karyawan masih kurang. Dengan memiliki usaha mandiri, diharapakan penghasilan kita tiap bulannya bisa terbantu.

    2. Resiko di PHK

    Resiko PHK sebagai seorang karyawan memang ada. Dengan memiliki usaha mandiri ketika masih menjadi karyawan, setidaknya kita punya cadangan seandainya kita kena PHK kita tinggal beralih ke usaha mandiri kita secara penuh.

    3. Sarana uji coba

    Kelebihan yang ketiga adalah denga adanya usaha mandiri bisa jadi sarana uji coba kita untuk berlatih wirausaha sebelum akhirnya penuh menjadi wirausaha.

    4. Memperbanyak teman

    Dengan memiliki usaha mandiri kita akan memiliki banyak rekan baru dalam bisnis kita. Dan kita bisa belajar lebih banyak dari mereka.

    5. Meningkatkan skill

    Memiliki bisnis mandiri sangat memerlukan skill tersendiri untuk mengembangkan usaha. Dengan kata lain dengan bisnis mandiri kita bisa melatih keahlian kita dalam menjalankan usaha mandiri.

    Dari kesekian banyaknya manfaat memiliki usaha mandiri ketika kita masih berstatus karyawan perusahaan, sudah pasti akan menarik minat anda untuk memiliki usaha sendiri. Untuk itu berikut beberapa tips agar anda sukses menjadi usahawan mandiri.

    1. Memilih usaha yang cocok dengan pekerjaan anda

    Ditengah padatnya pekerjaan kita dikantor, yang terkadang memeras otak kita secara penuh. Ada baiknya kita berfikir untuk memilih usaha sendiri yang sifatnya tidak mengganggu usaha utama kita. Jangan sampai alih alih ingin mengembangkan usaha mandiri, malah kerjaan utama kita yang keteteran.

    2. Menggunakan modal secukupnya

    Menjalankan bisnis sambil bekerja memang sangat sulit. Terlebih lagi dalam mengatur keuangan yang fakta kita harus berfikir matang. Menjalankan sebuah usaha mandiri tidak mudah membalikkan tangan, perlu usaha dan tekat kuat. Untuk kita yang seorang pegawai ada baiknya pertimbangkan masalah modal. Jangan sampai bukannya untung malah menjadi buntung.

    3. Mengukur kemampuan kita

    Sebelum memulai bisnis yang perlu dilakukan adalah mengukur kemampuan kita mulai dari pikiran, tenaga hingga modal. Sejauh mana kita mampu mengembangkan bisnis kita, waktu yang kita curahkan untuk bisnis hingga berapa modal yang dibutuhkan. Mengukur kemampuan kita inj sangatlah penting karena dalam bisnis mandiri kemampuan kita akan tercurah didalamnya.

    4. Pelajari kontrak kerja anda

    Ada baiknya kita membaca berkali kali perjanjian kerja dengan perusahaan. Disini kita akan mempelajari larangan kerja agar jangan sampai kita melakukan pelanggaran kerja hanya karena ingin menjalankan bisnis mandiri. Dan yang perlu dipahami lagi adalah usaha apa yang akan kita kembangkan. Apakah sama dengan perusahaan yang kita tempati bekerja. Jangan sampai alih alih ingin memiliki usaha sampingan malah anda dikeluarkan dari kantor hanya karena melanggar kontrak kerja atau dianggap Kompetitor perusahaan anda.

    5. Menjaga reputasi kerja

    Walau kita memiliki usaha sampingan, namun yang mesti diingat adalah anda di sini masih berstatus sebagai karyawan dan sebagai bawahan. Ada baiknya menjaga reputasi kerja anda.

    6. Disiplin yang tinggi

    Memiliki usaha sampingan disela pekerjaan kita akan sangat memerlukan disiplin waktu yang tinggi. Kita dituntun untuk mahir dalam mengatur jadwal. Jangan sampai hanya karena mengerjakan tugas usaha anda, malah membuat pekerjaan anda dikantor menjadi keteteran. Banyak sekali pekerja kantor yang memiliki usaha sampingan harus gulung tikar karena tidak bisa disiplin dan mengatur waktu kerja.

    7. Membuat jadwal kerja

    Membuat jadwal pekerjaan akan sangat membantu untuk mengatur waktu kita agar lebih efisien. Jangan sampai jadwal pekerjaan kita berbenturan. Pekerjaan yang efisien dimulai dari pengaturan waktu dan disiplin waktu yang tepat.

    8. Mempekerjakan orang yang dipercaya

    Rekrutlah seseorang yang kita percaya untuk menjalankan bisnis kita disaat kita tidak ada. Dengan adanya orang yang menggantikan posisi kita dalam usaha kita, maka akan membuat usaha kita tetap berjalan walau kita sedang tidak ada.

    9. Siapkan perizinan usaha

    Memiliki izin usaha sangat membantu dalam penguatan bisnis kita dimata para konsumen. Izin usaha menjadikan usaha yang kita geluti akan lebih dipercaya dimata semua orang.

    10. Belajar dari posisi kita

    Saat kita menjadi karyawan suatu perusahaan disini kita belajar bagaimana suatu bisnis itu bisa berjalan. Kita belajar melalui pekerjaan kita bagaimana sebauh perusahaan itu berjalan. Dan jangan berhenti untuk belajar dari sumber lain dimana pengetahuan tersebut akan membuat usaha kita menjadi semakin besar dan mandiri.

    Yang perlu diingat adalah tidak ada usaha mandiri yang sukses duluan. Dimana setiap langkah membuka usaha mandiri selalu ada rintangan dan kegagalan. Mereka yang beruntung adalah mereka yang mau belajar dari arti kata kegagalan dan mau belajar untuk memperbaiki. Semoga artikel ini menjadi referensi kita dimasa mendatang dalam usaha untuk membuka peluang usaha mandiri.

    Sekian informasi ini saya berikan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2017