Fandi Net

blog Fandinet menyajikan trik dan tips seputar blogger, youtube, belajar jadi seorang blogger serta youtuber dan ada ino menarik yang unik di sekitar kita.

Trik Jitu Menghasilkan Uang Dengan Modal Blog

  • Script Iklan di sini

    Trik Jitu Menghasilkan Uang Dengan Modal Blog - Bila mendengar kata menghasilkan uang dengan bermodal sebauh blog, pasti sebagian dari kita yang belum faham tentang blog akan bilang hal tersebut hoax, atau bahkan sampai bilang hal tersebut menipu. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena dari kesekian mereka yang terjun di dunia blogger hanya sebagian kecil saja yang bisa merasakan hasilnya.

    Hal tersebut dikarenakan sebuah blog akan bisa menghasilkan uang jika dikelola dengan baik. Namun pada faktanya banyak yang ngeblog dikarenakan iseng atau hanya sebagai sampingan . Sehingga hasilnya pun tidak maksimal.

    Untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari sebuah blog, blog harus dikelola dengan benar dan tekat yang kuat. Karena penghasilan tambahan dari blog tidak bisa didapatkan dengan instan dan begitu saja. Semuanya butuh proses mengingat penghasilan baru bisa dirasakan ketika blog itu mulai besar.

    Jadi jika kamu memang berniat menghasilkan uang dari blog, ada beberapa hal yang perlu diingat. Yaitu sebuah blog tidak bisa menghasilkan uang dalam sekejam. Perlu waktu berbulan bulan atau bahkan bertahun tahun sampai blog itu bisa menghasilkan uang.

    Hal utama untuk bisa mendapatkan banyak uang dari blog adalah blog tersebut harus memiliki banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung sebuah blog, maka kemungkinan besar kita bisa mendapatkan penghasil dari blog makin banyak. Bahkan ada istilah di dunia blogger yang mengatakan "pengunjung blog sama dengan uang".

    tips membangun sebuah blog bagi pemula hingga menghasilkan

    Untuk itu diperlukan teknik tertentu untuk meningkatkan pengunjung blog. Sehingga blog tersebut sampai siap dimonetisasi untuk bisa menjadi ladang uang buat kita.

    Ada beberapa tahap yang harus dicapai sampai blog itu siap menghasilkan uang:

    1. Tentukan niche blog

    Yang pertama diperlukan untuk memulai sebuah blog adalah menentukan niche blog. Niche blog adalah tema sebuah blog, kemana blog kita akan dijalankan kedepannya. Siapa sasaran blog kita dan bagaimana kedepannya monetisasi blog kita. Semuanya harus dimulai dengan cara yang benar dengan menentukan niche sebuah blog. Niche blog sangat berpengaruh terhadap monetisasi blog kita. Niche yang salah akan membuat monetisasi blog kita kedepannya kurang maksimal.

    Yang perlu diingat adalah hindarilah membuat blog gado gado. Blog gado gado kurang pas untuk mnghasilkan uang karena pengunjung blog tersebut biasanya kurang spesifik sehingga kurang maksimal dalam mencari monetisasi.

    2. Buat blog

    Setelah menentukan niche blog yang akan kita buat, langkah selanjutnya adalah menentukan platform kita. Apakah kita akan menggunakan blogger atau wordpres. Blogger dan wordpres memiliki kelebihannya sendiri sendiri. Blogger sangat cocok dipakai untuk  blogger pemula, sedangkan wordpres memiliki tampilan yang elegan.  Tergantung pada kebutuhan kita, mana yang lebih cocok untuk kita pakai.

    pilih blogger atau wordpres ini kelebihan dan kekurangan blogger dan wordpres

    3. Tampilan blog

    Hal berikutnya yang  bisa kita lakukan setelah menentukan dengan apa blog dibuat, wordpres atau blogger maka yang harus kita pikirkan selanjutnya adalah membuat tampilan blog kita agar menarik untuk dilihat oleh pembaca. Banyak template yang sudah disiapkan oleh google di blogger namun jika ingin memiliki template sendiri yang lebih sesuai dengan kriteria blog kita maka kita bisa mencarinya di google. Namun dalam memilih template ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian template dengan isi artikel kita, template yang tidak mengganggu tulisan di artikel blog, hingga template yang ringan dan bisa dibilang template yang responsif.

    4. Update artikel

    Setelah memiliki blog dengan tampilan yang menarik dan responsif maka langkah berikutnya adalah mengisinya dengan artikel. Yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel adalah, buatlah artikel yang menarik dan bermanfaat bagi si pembaca. Banyak blog yang menyajikan artikel yang menarik namun isinya yang justru kurang sesuai.

    Untuk membuat artikel yang bagus dan menarik, maka usahakan dalam menulis artikel sesuaikan dengan keahlian kita, agar setiap tulisan kita berbobot dan mampu memberi informasi yang benar bagi si pembaca.

    5. Share sosial media

    Setelah memiliki artikel maka langkah berikutnya adalah membuat bagaimana artikel kita dibaca orang. Agar artikel bisa dibaca banyak orang maka yang perlu kita lakukan adalah dengan memperkenalkan artikel kita ke orang lain dengan cara di share. Share artikel kita di media sosial seperti facebook, google plus, twitter, dll.

    cara ubah akun facebook menjadi fanspage untuk promosi bisnis

    Dalam melakukan share artikel pastikan kita share artikel di tempat yang pas sehingga tidak dianggap spam oleh banyak orang. Yang perlu kita perhatikan dalam share artikel di grup atau fanspage, pastikan para pengikut tersebut merupakan kebanyakan orang yang memang membutuhkan informasi dari artikel anda.

    6. Teknik SEO

    Langkah berikutnya setelah melakukan share artikel di media sosial adalah dengan menerapkan teknik SEO dalam blog kita. Apa itu SEO??? SEO bisa dibilang cara mengoptimalkan pencarian blog kita di mesin pencari. Yang perlu kita pahami bahwa ilmu SEO selalu berkembang dan tidak ada ilmu SEO pasti. Sebagai contoh dulu menebar link di kolom komentar blog orang lain merupakan bagian dari teknik SEO, namun pada kenyataannya sekarang teknik ini malah dianggap spam oleh mesin pencari. Yang jelas pada masalah SEO kita harus terus belajar agar tidak tertinggal.

    tutorial promosi blog di search enggine untuk meningkatkan traffik blog

    7. Monetisasi

    Jika semua cara sudah kita lakukan dan pengunjung blog mulai berdatangan maka langkah selanjutnya adalah berfikir bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Menghasilkan uang dari blog bisa dilakukan dengan cara melakukan monetisasi pada blog kita. Baik itu monetisasi iklan PPC, Afilasi, maupun iklan mandiri yang jelas bila ingin menghasilkan uang dari blog maka jangan lupa melakukan monetisasi pada blog.

    Setelah mengetahui tentang cara membangun sebuah blog yang bisa menghasilkan uang seperti tulisan di atas maka selanjutnya kita berfikir tentang monetisasi apa saja yang tepat dengan blog kita. Trik menghasilkan uang dari sebuah blog sangat dipengaruhi oleh monetisasi yang tepat dari blog itu sendiri. Salah monetisasi, maka penghasilan blog pun akan kurang maksimal.

    Dalam memonetisasi sebuah blog agar bisa menghasilkan uang, kita mengenal banyak cara. Berikut beberapa cara agar sebuah blog bisa menghasilkan uang:

    1. Pasang iklan PPC

    yang paling banyak kita jumpai dan paling mudah dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan memonetisasi blog kita dengan iklan PPC ( Pay Per Click). memasang iklan PPC di blog sangat mudah tinggal daftar dan pasang scrip iklan di blog, dan apabila ada pengunjung yang mengklik banner iklan tersebut maka kita akan mendapatkan penghasilan.

    Ada banyak sekali iklan jenis PPC di internet, ada adsense, adsensecamp, adnov , dll. Namun banyak blogger yang menggunakan adsense karena dirasa paling besar penghasilannya namun yang perlu diketahui juga, tidak mudah untuk mendaftar monetisasi adsense jika dibanding dengan iklan PPC lainnya.

    2. Penyingkat URL

    Yang berikutnya untuk mendapatkan uang dari sebuah blog bisa dilakukan dengan menggunakan iklan penyingkat URL. iklan jenis ini biasanya banyak dipakai oleh blog download. Salah satu iklan penyingkat URL yang paling banyak dipakai adalah iklan dari adf.ly. iklan jenis ini akan muncul ketika pengunjung mengklik url yang kita singkat tadi.

    3. Iklan pop up

    Untuk mnghasilkan uang dari blog bisa juga menggunakan monetisasi jenis iklan pop up. Iklan pop up merupakan iklan yang akan tampil bila seseorang mengklik url dalam blog kita. Maka secara otomatis iklan tersebut akan muncul dihalaman baru. Iklan pop up biasanya dipakai oleh blog yang traffiknya masih sedikit.

    4. Afilasi

    Iklan afilasi merupakan jenis iklan yang menawarkan sebuah produk. Dan disetiap transaksi dari iklan yang kita pasang kita akan mendapatkan komisi. Banyak blogger yang beralih dari iklan PPC ke iklan jenis afilasi dikarenakan komisinya yang lumayan besar yaitu berkisar 10 - 30% dari harga produk yang dijual. Iklan afilasi sangat cocok untuk blog yang memiliki traffik tinggi.

    Ada 2 jenis produk yang bisa dijual melalui iklan afilasi yaitu produk dalam bentuk fisik dan produk dalam bentuk digital. Produk digital merupakan produk yang berisi barang digital seperti ebook, aplikasi, dll. Sedangkan produk fisik merupakan produk yang bisa dilihat seperti barang. Afilasi yang paling banyak digunakan oleh blogger di indonesia adalah amazon dan lazada.

    5. Iklan mandiri

    Salah satu cara mendapatkan uang dari sebuah blog adalah dengan menggunakan iklan mandiri. Iklan mandiri merupakan iklan yang langsung kita kelola tanpa perantara orang ketiga. Jadi bila ada orang yang tertarik dengan blog kita dan ingin memasang iklan maka, secara langsung bisa menghubungi kita selaku pemilik blog. Dan kelebihan dari iklan mandiri ini kita bisa menentukan seberapa besar harga untuk iklan di blog kita.

    6. Membangun sebuah nama

    Salah satu manfaat blog adalah untuk membangun sebuah nama. Dalam hal ini blog tidak secara langsung menghasilkan uang. Namun blog tersebut akan membuat nama kita dikenal publik sehingga keahlian kita bisa dikenal orang banyak. Dengan memiliki nama yang dikenal orang banyak maka kita muda untuk mendapatkan uang karena keahlian kita sudah diketahui.

    7. Jual produk sendiri

    Untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog bisa dilakukan dengan mempromosikan produk kita sendiri. Bila kita memiliki sebuah produk maka akan lebih baik dipromosikan melalui blog. Kelebihan menjual produk sendiri dari pada iklan adalah secara tidak langsung produk kita semakin dikenal orang banyak dan pangsa pasar produk kita makin luas.

    8. Menjual blog

    Mendapatkan uang dari blog bisa juga dilakukan dengan menjual blog tersebut. Sebuah blog memiliki harga tersendiri. Semakin tinggi traffik blog dan SEO nya maka semakin mahal juga harga sebuah blog. Banyak orang yang membangun sebuah blog untuk dijual dikemudian hari.

    cara cek harga sebuah blog

    Itulah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog. Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi maka semakin banyak pula cara untuk mendapatkan uang dari sebuah blog. Yang terpenting jangan berhenti untuk berkarya.

    baca juga:

    beberapa kesalahan umum para blogger pemula
    inilah modal utama untuk sukses di dari internet
    cara mengalihkan kepemilikan blog ke orang lain ( cara menjual blog)

    Sekian informasi ini saya berikan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

    1 komentar:

    Thanks infonya, menarik banget. Oiya, saya juga nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang cara mudah untuk melipatgandakan uang dengan modal sedikit. Penasaran caranya kayak apa? Langsung cek di sini ya: Ampuh banget, ini cara cerdas lipat gandakan uang dengan modal minim!

     
    Copyright © 2017